Spot Wisata Banyuwangi yang Memukau

12

Nama Banyuwangi emang masih kalah populer jika dibandingkan dengan Bali namun tahukah anda pelabuhan yang ada di pesisir ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Jadi bagi para wisawatan yang ingin berlibur ke Bali, bisa singgah sementara untuk menikmati beberapa tempat wisata yang paling direkomendasikan dimanapun yang diinginkan.

1

Berikut destinasi wisata yang memukau di Banyuwangi

1.Taman Nasional Baluran

2
images from wisatakompasiana.com

Inilah hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat Anda yang berkunjung ke sini serasa berada di Afrika.

3
images from pegipegi.com

Di Baluran tersaji sungguhan alam menakjubkan ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang mencari makan, hingga lutung dan makaka yang bergelantungan.

4
images from rayatour.indonetwork.co.id

Belum lagi pepohonan khas Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk kemudian mati. Pohon pilang yang berbatang putih dan rimbun, bila Anda mengamatinya secara seksama maka mirip pohon di film “Avatar” serta pohon bekol yang rindang mirip beringin dengan nuansa magis.

5
images from indonesia.travel

Tidak besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk tiket masuknya, yaitu hanya Rp6.000,00 per mobil dan Rp 2.500,00 per orang. Kegiatan yang dapat dilakukan Baluran adalah penelitian, pengamatan dan atraksi satwa, serta wisata bahari di Pantai Bama.

6
images from lucianancy.com

Sementara itu, fasilitas yang tersedia berupa kantor pengurus, pondok kerja, pesanggarahan, shelter, jalan trail, menara pandang, dan lainnya.

7
images from halamanwisata.wordpress

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

14
images from life.viva.co.id

Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, dan sebelah barat Sungai Klokoran.

8
images from tempo.co.id

Temperatur udaranya 27°- 34° C, curah hujan 900 – 1.600 mm/tahun, ketinggian tempat 0 – 1.247 mdpl, letak geografis 7°29’ – 7°55’ LS, 114°17’ – 114°28’ BT, serta luasnya mencapai 25.000 ha. Di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi

9
images from holobis.net

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

10
images from travelkompas.com

Sekitar 40 % tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran. Tanahnya yang berwarna hitam dari jenis tanah aluvial dan vulkanik meliputi luas setengah luas daratan rendah yang ditumbuhi rumput savana.

11
images from banyuwangirentcar.com

Daerah tersebut merupakan daerah yang sangat subur dan kaya sumber makanan bagi berbagai jenis satwa pemakan rumput.

12
images from travel.detik.com

Pada musim kemarau air tanah di permukaan tanah menjadi sangat terbatas dan persediaan air di beberapa mata air tersebut menjadi berkurang.

15
images from tempo.co.id

Saat musim hujan, tanah yang hitam sedikit sekali dapat ditembus air sehingga air mengalir di permukaan tanah, membentuk banyak kubangan terutama di sebelah selatan daerah yang menghubungkan Talpat dengan Bama.

13
images from hargatiketwisata.blogspot

2. Pantai Bama

16
images fromdjarumsuper.com

Setelah menempuh perjalanan sejauh 3 km dari pos Bekol atau sekitar 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran, berjalan menembus hutan dan melewati jalanan berbatu, kita akan menemukan hamparan pasir putih diselimuti dengan ombak air laut yang tenang.

17
images from rohzaaulya37.wordpress

Ya…Pantai Bama merupakan bagian dari gugusan pantai yang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran (sering disebut dengan Afrika-nya Indonesia)

18
images from jejak-bocahhilang.com

Ekosistem yang masih terjaga, mendukung kehidupan terumbu karang yang banyak terdapat di sekitar pantai Bama.

19
images from yuliaslovic.com

Pantai yang masih bersih dan sepi dengan ombak yang cukup tenang, plus perairannya pun sangat jernih dan bersih merupakan pantai yang masih tergolong ‘perawan’ bagi pecinta dunia bawah laut.

20
images from breaktime.co.id

Kita bisa menikmati aneka ragam terumbu karang dan ikan-ikan yang menghuni terumbu karang. Berbagai jenis dan bentuk terumbu karang serta bermacam-macam ikan hias bisa kita jumpai juga disini.

22
images from jalanjalanon.blogspot

Kita bisa melihat ikan badut atau yang biasa dikenal dengan ikan nemo berenang-renang di sekitar terumbu karang. Waktu terbaik untuk snorkeling di Pantai Bama adalah pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

23
images from lukihermantofotografik.wordpress

Snorkeling di Pantai Bama tidak perlu menyewa perahu. Kita cuma perlu berjalan dari bibir pantai ke tengah laut sejauh sekitar 100 sampai 200 meter.

24
images from diastikabella.wordpress

Kita tak akan menemukan secuil sampah di bibir Pantai Bama. Pasirnya pun terasa halus saat di sapu dengan kaki. Sunset di Pantai Bama pun cantik!

25
images from mytravelandfooddiary.wordpress

Hutan bakau yang tumbuh di sekeliling pantai Bama memiliki alur yang berkelok-kelok hingga puluhan kilometer jauhnya. Dan menjadi tempat habitat bermacam-macam jenis burung serta kera-kera liar. Hutan bakau ini memiliki fungsi untuk menahan abrasi gelombang laut serta untuk menopang ekosistem yang ada di pantai Bama.

26
images from detoers.blogspot

Selain beberapa macam jenis burung  dan kera liar yang tinggal di hutan ini juga terdapat bermacam jenis ikan, ular dan bahkan kucing hutan juga dapat ditemukan disini, namun hanya berburu di malam hari. Suasana yang masih ‘liar’ pun bisa kita rasakan.

27
images from djarumsuper.com

 

3.Kawah Ijen

1
images from anekatempatwisata.com

Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang.

2
images from indonesia.travel

Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.

3
images from photovolcanica.com

Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

4
images from slatemka.wordpress
 Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas.
Sulphur mine at Kawah Ijen
images from trikfotografi.com
Saat berada di kawasan kawah Ijen, pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.
6
images from reddit.com

Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok.

7
images from paketwisatakawahijen.com

Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

8
images from dorian.derobert.free

Bagi mereka yang suka akan petualangan, untuk mencapai Gunung Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan.

9
images from farhati-farhati.blogspot

Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jaral Situbondo ke Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditemput sekitar 2,5 jam.

10
images from tripadvisor.co.id

Dari arah selatan, bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Ini dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak.

11
images from tripadvisor.com

4.Pantai Pulau Merah

11
images from pesonaindo.com

Ke Banyuwangi ? jangan lupa mampir ke Pulau Merah. Ya, pantai Pulau Merah bisa menjadi daftar kunjungan liburan anda ketika di Banyuwangi. Pantai yang berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran ini memang menyimpan potensi yang luar biasa dan sedang naik daun saat ini.

12
images from hargaanda.blogspot

Ciri khas yang mudah dikenali dari pantai berpasir putih kecoklatan dengan garis pantai sepanjang ±3 km ini adalah adanya bukit yang menjulang tinggi di ujung pantainya. Bukit ini dipenuhi batu karang di bawahnya.

13
images from tempatberwisatamurah.com

Saat matahari terbenam akan tampak pancaran sinar yang berwarna jingga kemerahan dari balik bukit itu. Itulah sebabnya dinamakan Pulau Merah.

14
images from sewamobulsurabaya-murah.com

Yang istimewa dari pulau merah ini adalah ombaknya yang tinggi pada bulan April hingga bulan September, namun tidak seExtrim ombak di G-Land. Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset pulau merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi.

15
images from ukie.blogspot

Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini sehingga pantai ini tampak bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi masyarakat. Pulau Merah dinail seperti perpaduan antara pantai Seminyak ,Kuta, dan Legian di Bali. Setiap pengunjung yang berkunjung pada tanggal merah atau pada hari libur akan dikenakan tarif masuk, selain pada hari itu GRATIS.

16
images from lukssudjiwo.wordpress

Di pantai pulau merah tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan, selain sekedar bermain pasir. Hal itu dikarenakan ombaknya yang besar. Namun besarnya ombak justru memberikan tantangan tersendiri bagi penggemar surfing.

17
images from missmartana.wordpress

Ombak di pulau merah memang tidak setinggi di G-Land namun cukup memiliki power untuk bermain surfing khususnya bagi pemula. Dan yang paling penting lebih aman karena dasar laut berupa pasir halus.

18
images from cupux.net

Pulau merah berjarak ± 80 km dari kota Banyuwangi. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah dan cukup jelas dengan adanya rambu-rambu petunjuk arah Pulau Merah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum.

19
images from info-wisata-banyuwangi.net

Jika menggunakan angkutan umum dari Banyuwangi, terdapat bisminto atau ujang jaya jurusan Pesanggaran, nanti turun di pasar Pesanggaran, setelah itu dilanjutkan menyewa ojek menuju Pulau Merah. Kalau dari arah Jember anda bisa turun di terminal Jajag lalu ganti angkutan bis menuju Pesanggaran.

20
images from china-in-town.com

Secara keseluruhan rute yang akan dilewati dari Banyuwangi menuju Rogojampi, setelah sampai di simpang tiga lampu merah Rogojampi, lurus saja hingga menjumpai perempatan lampu merah Jajag dengan patokan ada patung macan putih ditengahnya, lalu belok kekiri (ke selatan), anda tinggal mengikuti rambu-rambu penunjuk arah Pesanggaran – Pulau Merah. Cukup mudah bukan ?

21
images from banyuwangiapik.blogspot

 

5.Taman Nasional Alas Purwo

21
images from sihujantanpapetir.wordpress

“Jangan tinggalkan apapun kecuali telapak kaki dan jangan mengambil apapun kecuali foto. Alam itu pasrah kepadamu”.

Itu tulisan yang terpampang di salah satu pintu masuk ke Taman Nasional Alas Purwo. Sebuah pesan kuat bagi siapapun agar turut menjaga kelestarian hutan yang berusia sangat tua di ujung timur Pulau Jawa.

22
images from sman1glagah.com

Hutan lebat terhampar seluas 43.420 hektar yang keberadaannya terus dijaga dan dilindungi dari tangan-tangan keji perusak alam.

23
images from indonesia.travel

Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan tropis alami dan termasuk yang tertua di Pulau Jawa. Taman nasional ini merupakan hutan hujan paling alami di Indonesia, bahkan mungkin di Asia. Di Taman Nasional Alas Purwo, Anda dapat melihat banteng jawa, burung merak, babi hutan, rusa, serigala hutan, ular pyton, dan hewan lainnya termasuk macan tutul dan  harimau jawa.

24
images from indonesia.travel

Pepohonan menjulang tinggi berdiameter besar dengan umur ratusan tahun. Pohon tersebut berdiameter rata-rata 30 cm dan tinggi 10-15 meter. Tanaman yang berhasil diidentifikasikan di Alas Purwoada sekitar 580 jenis.

25
images from travel.detik

Anda akan menikmati indahnya hutan sawo kecik (manilkarakauki), bumbu manggong, dan pohon lainnya termasuk nyamplung (calophyllum inophyllum), ketapang (terminalia cattapa), serta kepuh (stercullia foetida).

26
images from endahbanged.wordpress

Menyusuri jalanan hutannya Alas Purwo maka Anda akan disambut suara kicau burung trucak bali, trucak hijau, hingga merak dan rusa (cervus timorensis) yang dengan mudahnya terlihat mengendap di antara pepohonan.

27
images from g4d4nventure.wordpress

Sesekali Anda mungkin menemui beberapa kijang (muntiachus muncjak) bertanduk gagah, kera ekor panjang, lutung, ayam hutan, burung kangkareng (antracoceros coronatus), rangkong, cekakak jawa abu-abu (macaca fascicularisl), ayam hutan (ghalus ghalus), rangkong (buceros undulatus), dan bisa juga banyak burung merak (pavomuticus).

28
images from dhirga17.blogdetik

Anda dapat memuaskan kegemaran berpetualang menembus hutan, mengamati satwa di Sadengan atau berkunjung ke gua-gua yang sejak zaman dahulu sudah sering dijadikan tempat bersemedi.  Gua-gua di wilayah ini di antaranya adalah Gua Istana, Gua Putri dan Gua Padepokan. Ada pula Gua Macan yang dianggap memiliki nuansa mistis tinggi. Menurut cerita masyarakat setempat, di tempat tersebut Bung Karno pernah bertapa. Gua-gua tersebut dapat dicapai dari Pos Pancur sejauh 2 km dengan berjalan kaki.

29
images from indoturs.com

Selain Gua meditasi, ada juga Situs Kawitan dan pura Hindu yang juga berumur tua. Uniknya tempat peribadatan ini berada di tengah hutan Taman Nasional Alas Purwo. Pura tersebut bernama Pura Luhur Giri Salaka dan masih banyak dikunjungi pemeluk Hindu pada hari suci Pager Wesi setiap 210 hari.

30
images from dephut.go.id

 

Banyuwangi adalah Kabupaten yang berada di Timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Situbondo, Jember dan Bondowoso. Di sebelah timur ada pulau Bali dan sebelah selatan adalah Samudera Hindia. Bentangan alam pegunungan, pantai hingga padang savana ada di Banyuwangi oleh karena itu banyak tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi ke Banyuwangi dan beberapa diatas tadi adalah rekomendasi yang sangat tepat bagi anda yang ingin berlibur ke banyuwangi. Happy Traveling
kupon-diskon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *