Eksotisme wisata malang: episode Kawasan Konservasi Pulau Sempu

Hai guys..

Kita dari tim nginepmana.com ada pengalaman baru nih. Kita baru aja berwisata ke kawasan hutan konservasi Pulau sempu. Tempatnya sih gak jauh dari Pantai Goa Cina yang kita ceritain di artikel sebelumnya. Kalo mau kesini sih mudah banget guys dijangkau dari Kota Malang. Naiknya angkutannya sih sama kayak mau ke Pantai Goa Cina, namun bedanya kita tidak menggunakan jasa ojek. Saat kita turun dari angkutdes tujuan Turen-Sendang Biru kita langsung bisa menuju pelabuhan nelayan. Jaraknya nggak jauh kok, sekitar 100m. Sebelum kita menuju pelabuhan kita wajib lapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BKSDAJT) Resort Pulau Sempu ya guys biar perjalanan kita aman.

BKSDA Resort Pulau Sempu

Nyampek pelabuhan nelayan kita bisa tanya-tanya tentang Pulau Sempu. Kita wajib menggunakan Guide ya guys, karna ini adalah kawasan konservasi maka kita gak bisa keluar masuk sembarangan guys. Untuk budged perahu+guidenya cuman sekitar 250rb-300rb kok guys. Untuk perahu kita gak usah bingung guys, dengan membayar budged 100rb penyebrangan kita pulang-pergi udah terjamin.

Pelabuhan Nelayan Sendang Biru

Untuk peralatan yang wajib kita bawa saat kesana adalah peralatan masak dan peralatan camping. Kalo kalian gak mau menginap gak usah bawa-bawa peralatan itu ya, bikin ribet kalian ntar.

Oke lanjut ke perjalanan. Setelah kita nego-nego sama guide+nelayan, kita langsung berangkat naik perahu. Perjalanan kita di perahu nggak lama kok guys, cuma sekitar 10menit. Di tengah perjalanan kita akan disuruh mencatat nomor hp nelayan itu untuk dihubungi ketika kita pulang nanti. Setelah kita nyampek bibir pantai Pulau Sempu, kita langsung turun dan mempersiapkan untuk berjalan kaki menuju Segoro Anakan. Bawa barang seperlunya ya guys.

Bibir Pantai Pulau Sempu

Untuk perjalanan yang akan kita tempuh ke Segoro Anakan memakan waktu sekitar 2jam guys. Dalam perjalanan kita akan melewati beberapa ekosistem yang dilindungi. Antara lain, Hutan Tropis, Hutan Bakau dan Hutan Pantai. Jangan coba-coba untuk mengambil ya guys, karna itu di lindungi.

Perjalanan menuju Laguna Segoro Anakan Pulau Sempu

Dalam perjalanan, kita akan disuguhi keindahan ekosistem hutan yang nggak akan kita temui di kota guys. Asri, rindang, sejuk dan banyak suara hewan-hewan yang akan menenangkan pikiran kita. Kita juga akan berjalan di tebing yang bawahnya langsung laut loh guys. Sensasinya luar biasa guys.

Laguna Segoro Anakan Pulau Sempu dari tebing

Setelah kita menempuh sekitar 2jam perjalanan, kita sampai di Laguna Segoro Anakan. Perlu kalian tau guys, Laguna itu adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup di belakang gugusan karang atau pulau-pulau atau di dalam atau disebut laguna.

Laguna Segoro Anakan Pulau Sempu dari atas

Laguna Segoro Anakan Pulau Sempu dari samping

Di sana kita bisa berenang sepuasnya guys. Ombaknya tenang dan perairannya dangkal. Kalo saran kita sih setelah nyampek kita istirahat dulu guys sambil ndirikan tenda buat kita bermalam ntar. Tapi inget guys, jangan ngambil kayu atau apapun dari sini buat bakar-bakar. Kalo mau bakar-bakar sih mending bawa dari rumah aja guys atau beli di pemukiman dekat pelabuhan nelayan tadi.

Tempat berkemah

Disana kita akan menikmati pemandangan laguna yang sangat eksotis. Air lautnya yang biru jernih, pasir pantainya yang putih dan lembut, lalu kita bisa menikmati ketenangan alam di dalam hutan dan mendengarkan suara-suara hewan liar yang dilindungi guys. Nikmat banget dah guys.

Hutan Konservasi Pulau Sempu

Setelah pulang ntar dan nyampe di pelabuhan nelayan, kita bisa membeli ikan laut dengan harga yang sangat murah di Tempat Pelelangan Ikkan (TPI) Sendang Biru.

TPI Sendang Biru

Karena itu merupakan Kawasan Konservasi dan bukan Kawasan Wisata, kita ada pesan nih guys kalo kalian mau ke sana.

1. Jangan mengambil apapun kecuali gambar. Maksudnya kita dilarang mengambil apapun yang ada di kawasan tersebut. Kita hanya boleh mengambil gambar / foto doang guys.

2. Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Maksudnya yaitu kita nggak boleh meninggalkan sampah atau sejenisnya di sana.

3. Jangan membunuh apapun kecuali waktu. Maksudnya membunuh apapun itu adalah kita nggak boleh menebang pohon, rumput, bunga atau ranting atau membunuh hewan apapun untuk kita jadikan keperluan disana guys.