Explore Wisata malang: episode Pantai Goa Cina dan Watu Leter

Malang merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan Provinsi Jawa Timur. Kota ini berada di daratan tinggi dengan suhu udara yang cukup dingin dan segar. Bukan hanya sekedar memiliki keindahan alam yang eksotis, namun daerah ini juga memiliki banyak wisata pantai yang indah, bersih dan masih alami.

100rb

foto udara kota malang by: eggifebri.blogspot.com

 

 

Anda dapat menjangkau daerah ini dengan berbagai cara. Jika anda memulai dari kawasan Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, anda dapat menggunakan jasa travel, taxi atau angkutan kota (angkot). Jika menggunakan jasa angkot anda memilih jurusan menuju Terminal Arjosari dan turun di Terminal Arjosari. Lalu pindah jalur ke angkot yang tujuan akhirnya Terminal Gadang dan turun di situ. Setelah itu anda harus naik bus dengan jurusan Malang-Lumajang atau Malang-Dampit, lalu anda turun di pertigaan Talok dan dilanjut dengan naik angkutan pedesaan (angkudes) dengan jurusan Turen-Sendang Biru. Sesampainya di sendang biru anda harus menaiki ojek untuk sampai ke Pantai Goa Cina. Alternatif lainnya adalah naik Taxi, tetapi harus dipertimbangkan dahulu karena budgednya sangat mahal. Alternatif yang terahir adalah menggunakan jasa travel, jasa travel di malang sudah sangat banyak, sehingga anda tidak usah kawatir. Budget dari travel pun sangat beragam, mulai dari Rp 450.000an unutk 12jam. Armadanyapun juga tergolong terbaru. Dan tips yang terakhir adalah usahakan sebisa mungkin jangan memakai travel yang ada di hotel, karena biasanya harganya jauh melambung tinggi.

Bandara Abdul Rachman Saleh by: www.ciputranews.com
Stasiun Kota Baru Malang by: manajemen.feb.ub.ac.id
Terminal Arjosari by: helmiairan.wordpress.com

 

Perjalanan dari Bandar Udara Abdul Rachman saleh / dari Stasiun Kota Baru / dari Terminal Arjosari menuju ke kawasan wisata Pantai goa Cina sekitar 2jam perjalanan jika menggunakan mobil pribadi / travel / taxi. Jalanan yang dilewati sangat memanjakan mata, naik turun bukit dan meliuk-liuk dan juga terdapat beberapa tanjakan dan turunan yang sedikit curam. Dalam perjalanan kita juga melewati beberapa kawasan wisata, contohnya kawasan wisata Pantai Tamban dan kawasan wisata Pantai Sendang biru. Selain pantainya, di dalam kawasan wisata Pantai Sendang Biru terdapat tempat pelelangan ikan, Pelabuhan nelayan yang juga melayani penyebrangan menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan Pantai Segoro Anakannya yang sangat eksotis. Kita akan bahas Pulau Sempu di artikel selanjutnya.

 

Pantai Tamban by: halomalang.com
Pelabuhan Nelayan Sendang Biru by: www.kaskus.co.id

 

Laguna Segoro Anakan by: anekatempatwisata.com

Setelah melewati kawasan wisata Sendang biru kita akan masuk melewati Jalan Lintas Selatan sekitar 10menit. Setelah itu kita masuk melewati perkampungan warga setempat, tetapi sayang sekali untuk jalanan perkampungan ini sedikit melelahkan meskipun hanya berjarak 2km, karena jalannya yang belum diaspal.

Jalan masuk ke Pantai Goa Cina by: www.jawaindah.com
Jalan masuk ke Pantai Goa Cina by: www.jawaindah.com

 

Disana kita akan menemukan loket masuk dan membayar tiket retribusi sebesar Rp. 10.000,-. Untuk tempat parkir disana cukup luas. Fasilitas di Pantai ini pun juga cukup lengkap. Yaitu, warung makan, musholla, masjid, kamar mandi. Tetapi sangat disayangkan karena di Pantai ini tidak terdapat homestay untuk menginap. Jika anda mau menginap anda bisa membawa tenda sendiri.

Image result for camping goa cina
Camping di Pantai Goa Cina by: anomharya.com

 

Suasana malam di Pantai Goa Cina by: ink361.com

Kawasan wisata Pantai Goa Cina memiliki 3 pulau. Keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah. Tiga pulau itu adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Di pinggir pantai ini cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis seperti Pohon cembirit, Ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi di bibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya. Jika pada saat surut kita dapat menyebrang ke salah satu pulau dengan melewati gugusan batu karang. Tetapi disarankan untuk hati-hati karena banyak terdapat Bulu Babi yang dapat melukai kaki kita.

Pantai Goa Cina by: www.malang-guidance.com
Larangan berenang di pantai Goa Cina by: www.tripadvisor.co.uk
Sunrise in Goa Cina beach by: up2det.net
Sunrise in Goa Cina Beach by: www.pasirpantai.com

 

Pantai Goa Cina by: delinotes.blogspot.com
Pantai Goa Cina by: surabaya.panduanwisata.id
Pantai Goa Cina by: artourtraveller.blogspot.com

 

 

 

 

 

 

Keberadaan goa di pantai ini terletak di sisi kanan pantai sekitar 50 meter dan berada di bukit karang. Goa tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, hanya rongga biasa yang menjorok sekitar delapan meter dengan ketinggian sekitar dua meter. Siapa pun bisa dengan mudah masuk. Ruangan di dalamnya juga cukup lebar, bisa untuk dua orang berjalan beriringan. Lebarnya kira-kira dua meteran. Meski namanya goa, tapi tidak terlihat batu-batu stalaktit maupun stalakmit, yakni batu-batu yang menjorok tajam dari atas goa maupun dari sisi tebing maupun dasar goa. Jadi, goa ini lebih tepat disebut sebagai rongga yang ada di dalam karang. Meski begitu, goa terlihat memiliki nilai magis yang kuat. Karena Goa tersebut pernah dijadikan tempat bertapa.

Pantai Goa Cina by: infomalangraya.net

 

 

Selain popular dengan keberadaan goanya, pantai ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni terjadinya gelombang bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, selatan, timur dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, sehingga memunculkan suara bergemuruh. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang selatan ini. Karena besarnya ombak, tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di pantai ini. Kawasan Pantai Goa China ini hanya menjadi jalur lalu lintas para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendang Biru.

 

Selain beberapa keindahan di atas, kita juga dapat melihat keindahan Pantai Watu Leter yang terdapat di sisi barat pantai ini. untuk menuju kesana kita dapat melakukannya dengan jalan kaki yang hanya menempuh waktu sekitar 10-15 menit. Kita akan melewati belakangnya bukit karang yang membatasi antara Pantai Goa Cina dan Pantai Watu Leter. Akses menuju ke Pantai Watu Leter agak sulit. Jalannya sempit dan mobil tidak akan bisa melaluinya. Untuk mencapai pantai, kita masih harus turun dari gundukan tanah sekitar 1,5 meteran.

Pantai Watu Leter by: halomalang.com
Pantai Watu Leter by: jiwantaweekend.wordpress.com

 

Pantai Watu Leter by: ayobolang.com

 

Pantai Watu Leter by: halomalang.com

 

Di pantai Watu Leter ini kita dapat melihat pemandangan laut lepas Samudra Hindia tanpa Terhalang batu karang. Pantai ini Masih sangat bersih dan sangat indah, dikarenakan belum banyak orang yang mengunjungi pantai ini dan juga Masih sangat sedikit yang mengetahui keberadaan pantai ini. Hanya warga sekitar dan beberapa pengunjung yang tau mengenai pantai ini. Tidak ada petunjuk untuk menuju pantai ini. Anda bisa menggunakan jasa warga sekitar untuk mengantar anda.

Perjalanan yang melelahkan akan terpuaskan dengan keindahan Pantai Watu Leter ini.  Pantainya tampak lebih jernih dan terlihat lebih hijau daripada Pantai Goa Cina. Panorama pantainya sangat indah, batu karang di pantai tampak timbul tenggelam di sapu ombak yang tenang. Di Pantai Watu Leter ini pantainya mirip sebuah kolam. Airnya pun lebih dingin daripada air di Pantai Goa China. Ombaknya mengalun tenang, disertai pasirnya yang berwarna putih bersih dan lembut. Anda bisa berenang disini, tetapi dengan catatan hanya dalam radius 15meter dari bibir pantai.

Pantai Watu Leter by: jiwantaweekend.wordpress.com

 

Selain keindahan pesisir pantainya, kawasan itu juga menjadi tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Ada juga hutan mangrove yang dikelilingi air payau yang tenang. Sebuah Sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter menyajikan pemandangan yang indah. Pengunjung bisa juga menyisiri sungai yang bermuara di Pantai Watu Leter dengan menggunakan perahu. Suasana pantai sangat menyenangkan, dengan menyisiri sungai yang dipenuhi tanaman mangrove di sisi kiri dan kanannya.

Pantai Watu Leter by: halomalang.com
Jembatan Bajulmati dan Pantai Watu Leter dari udara by: pustaka.pu.go.id

 

Menurut penduduk, pantai ini diberi nama Watu Leter karena salah satu tebing pada bagian ujungnya berbentuk datar. Tebing atau batuan di tengah laut yang berbentuk datar itu bila dilihat sangat menonjol di antara bebatuan tebing yang lain. Sebagian orang menyebutnya dengan Pantai Ngleter. Pemandangan Pantai Watu Leter sangat indah, karang-karangnya masih dalam kondisi bagus. Pasirnya putih, pantainya masih asri dan tidak terlihat sampah di sepanjang pantai. Pantai ini juga cocok bila dipergunakan untuk camping.

Kawasan Pantai Watu Leter ini biasanya dijadikan lokasi pelepasan penyu abu-abu karena lingkungan pantai masih sepi dari para wisatawan. Masih aslinya Pantai Watu Leter membuatnya terpilih untuk menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata. Jika upaya pelestarian penyu itu berhasil, pengunjung bisa melihat dari dekat kehidupan penyu saat menepi dan bertelur di pasir pantai.

Satu hal yang perlu anda ketahui, yaitu tidak adanya fasilitas apapun di Pantai Watu Leter ini.

Selamat Mencoba 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *