Telusuri Sejarah Malang di Museum Malang Tempo Doeloe

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Traveller,  apakah kamu pingin berkunjung ke museum dengan nuansa yang berbeda? Ya, Museum Malang Tempo Doeloe jawabannya.

Kalau museum pada umumnya terlihat kuno dan kurang menarik, di museum ini kamu akan menjumpai suasana fresh dan sangat modern.Image horor dan jadul samasekali tidak tampak di museum ini. Tak lengkap rasanya jika berwisata ke kota apel tidak mengunjungi Museum Malang Tempo Doeloe.

Museum Malang Tempo Doeloe terletak di Jalan Gajahmada, atau tepatnya ada di belakang Balai Kota Malang. Rute yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi adalah langsung meluncur ke pusat kota Malang, atau tepatnya di Balai Kota Malang. Kalau pengin naik angkutan umum, kamu bisa naik angkutan kota berwarna biru dari Terminal Arjosari dengan kode AL atau ADL.

Untuk bisa menikmati semua koleksi yang terpajang rapi di Museum Malang Tempo Doeloe, kamu harus bayar dulu tiket masuk sebesar Rp 10.000* untuk pelajar, Rp 15.000* untuk warga Malang, dan Rp 25.000* untuk umum.

Dan asyiknya, travelers yang pengin mengabadikan momen tak terlupakan bersama dengan berbagai koleksi di Museum Malang Tempoe Doeloe diperbolehkan. Oh ya, museum ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Bagi pengunjung juga diizinkan untuk berfoto bersama barang tersebut. Selain itu, juga ada pemutaran dokudrama tentang sejarah Malang yang diputar di ruang kaleidoskop. Pengelola museum berupaya untuk menghilangkan kesan angker sebuah museum sekaligus supaya terlihat lebih ramah bagi pengunjung.

Pertama kali datang, kamu akan dibawa kembali ke masa 1,5 juta tahun yang lalu dengan melihat aneka koleksi benda purbakala serta diorama cara menggali benda-benda tersebut.

Setelah itu kamu akan melalui wahana-wahana yang menunjukkan kerajaan-kerajaan yang pernah menduduki Kota Malang, yakni Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari. Ngalamers bisa melihat patung-patung lilin yang merepresentasikan kehidupan di masa itu.

Museum Malang Tempo Doeloe juga memiliki koleksi berupa prasasti dan buku-buku kuno, alat untuk membuat keris, dlsb. Diorama yang selanjutnya akan kamu saksikan akan berlanjut hingga masa kemerdekaan. Kamu dapat melihat diorama penjara besi, ilustrasi rapat KNIP yang dipimpin oleh Bung Hatta, hingga patung Bung Karno.

Gimana ? Tertarik untuk mengintip koleksi yang dimiliki Museum Malang Tempo Doeloe? Segera saja meluncur ke Malang ..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *