wisata pantai di malang : episode pantai tambak asri

Seorang gembala kerbau melintas di pinggiran pantai Selong Belanak, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (17/5).
Pantai Tambak Asri by: travel.detik.com

Pantai Tambakasri? Hampir bisa dipastikan rekan-rekan asing dengan pantai tersebut. Karena memang pantai ini memang belum begitu dikenal. Masa liburan kali ini kami berkesempatan untuk mengunjungi pantai yang masih termasuk dalam jajaran pantai selatan Malang.

100rb

Pantai Tambak Asri by: bestari.umm.ac.id

Pantai Tambakasri tersetak di desa Sidoasri, kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Lokasinya bisa ditempuh +/- 3 jam perjalanan dari kota Malang. Rute perjalanan yang ditempuh ke arah selatan Malang melewati kec. Bululawang, kec. Turen, Kec. Sumbermanjing Wetan. Sampai di desa Sitiarjo terdapat pertigaan apabila kita berjalan lurus dapat menuju pantai Tambakrejo, pantai Sendang Biru, pulau Sempu, Pantai Gua Cina dan pantai Bajulmati, kita ambil belok kiri ke arah desa Kedung Banteng.

Jalan beraspal lebar dan mulus tidak lagi kita jumpai disini. Walaupun sempit namun masih beraspal, dan ada beberapa lubang jalan. Kanan dan kiri jalan berhias kebun kopi dan cengkeh di selingi jurang. Kontur jalan mulai naik turun hingga desa Sidomulyo. Di desa yang terletak di puncak pegunungan yang sering berkabut ini terdapat pertigaan yang apabila lurus menuju desa Klepu atau kecamatan Dampit, kita ambil belok kanan. Tak berapa lama jalan aspal yang sudah tak mulus lagi itupun mulai menghilang berganti dengan cor beton, bahkan beberapa bagian menghilang digantikan susunan batu kapur dan batu gunung. Belokan, turunan dan tanjakannya …woooww..ekstrim banget dan membuat nyali ciut bagi yang tidak mempunyai keahlian berkendara diatas rata-rata. Menuruni gunung menuju desa Sidoasri, lengkungan pantai terlihat indah di kejauhan. Pemandangan seperti ini jarang jumpai di pantai-pantai yang lain. Mendekati pantai, jalan mulai rata, dan kanan kiri jalan mulai berganti persawahan.

Pantai Tambak Asri by; halomalang.com

Pantai Tambak Asri by: surabaya.panduanwisata.id

Pantai Tambak Asri by: pasangmata.detik.com

Sulitnya medan jalan akan langsung terobati begitu mendekat ke bibir pantai. Sebab kondisi pantai benar-benar masih alami. Di sisi kanan dan kiri pantai dipenuhi pepohonan hijau yang rindang. Tebing-tebing juga cukup rimbun dengan berbagai macam pohon besar. Pasir putih kecoklatan memanjang sejauh hampir dua kilometer terlihat bersih. Bentuk pantai menyerupai sebuah teluk kecil. Suasana di pantai tersebut terlihat sepi, bersih dan hanya terdengar suara deburan ombak yang mendominasi. Hanya beberapa orang saja yang terlihat berlalu lalang di pantai ini yang umumnya adalah para nelayan warga setempat. Bahkan pada hari libur hanya beberapa pengunjung yang mendatangi pantai ini. Di pantai ini terdapat sebuah pulau karang besar yang melindungi pantai dari ombak besar pantai selatan. Warga menyebutnya dengan nama Pulau Yangke. Menurut penduduk sekitar sering terdapat ikan lumba-lumba yang memasuki pantai ini dan juga penyu yang datang untuk bertelur. Tak salah kalau nama pantai ini disebut dengan Pantai Perawan.

Sayangnya kondisi rute dan fasilitas yang memang belum ada membuat Pantai Perawan masih cenderung sepi. Jika akses menuju pantai ini dibenahi, sarana dan prasarana pantai dicukupi, pantai ini bisa menjadi wisata alternatif lain di Malang. Bahkan keasrian dan kealamian pantai serta kemolekan pemandangan inilah yang sempat menggoda sejumlah investor untuk masuk menjadi pengelola.