Cara Pembuatan Visa

visa

Sebenarnya apa sih visa itu ?Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu.

 

Visa dibutuhkan bagi negara negara yang mewajibkan warga negara Indonesia untuk membuat permohonan visa untuk masuk ke negara yang kita tuju. Persyaratan Visa ini supaya kita waktu masuk negara orang semacam ada jaminan, apakah kita akan masuk kemudian nggelandang, lalu nggak bisa pulang. Atau pura pura wisata ngak taunya kerja disana.

Tujuannya untuk memonitor dan mencegah sehingga tidak membuat beban kepada negara tujuan yang makin membengkak. Itulah seharusnya, tapi sayang negara Indonesia ini kadang kok nggak ngerasa adil dibandingkan negara lain. Negara lain menerapkan persyaratan VISA yang tetek bengek ribetnya, tapi negara Indonesia cuma bayar VoA aja sudah bisa masuk.

Jenis visa pun bermacam-macam. Ada visa pelajar, visa kerja, visa diplomatik, visa bisnis, visa turis/kunjungan singkat, visa transit, visa pekerja rumah tangga, dan visa khusus. Jenis visa ini akan memengaruhi biaya yang akan kamu keluarkan ketika mengajukan surat permohonan visa. Misalnya, untuk aplikasi visa pelajar di Australia, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar A$400. Untuk visa AS, kamu harus menyiapkan uang sekitar satu juta rupiah lebih, atau senilai dengan US$100. Kalau visa mu di tolak dan kamu ingin mengajukan lagi, maka kamu pun harus membayar lagi.

Nggak semua Negara memberlakukan visa untuk masuk dan tinggal negaranya. Beberapa Negara ada yang membebaskan visa masuk bagi pemegang paspor Indonesia. Mereka mereka hanya mensyaratkan izin masuk yang di berikan di imigrasi bandara Negara bersangkutan. Ada juga jenis visa yang diberikan begitu kedatangan di bandara Negara tujuan. Visa jenis ini lazimnya di sebut Visa on Arrival.

OKe , langsung aja jika diantara kamu ada yang akan membuat atau mengurus visa berikut ini tahap nya :

  1. Datang ke Perwakilan/Kedubes/Konsulat Negara tujuan.
  2. Mengisi formulir yang di sediakan. Formulir permohonan visa biasanya gratis.
  3. Melengkapi dokumen-dokumen (paspor, surat keterangan dari instasi yang mengirim, pasfoto, surat sponsor dari Negara yang dituju, jaminan keungan). Untuk perwakilan Negara tertentu ada wawancara.
  4. Membayar biaya visa. Biaya visa ini bervariasi antara satu Negara dengan Negara lainnya, juga tergantung jenis visa yang kamu minta, pemberitahuan, apakah visa diterima atau di tolak, apabila visa diterima, kamu bisa mengambil visamu sesuai jadwal yang diberikan pihak kedutaan atau konsulat jendral Negara tujuan. Pengambilan bisa dengan menunjukan resi pengajuan permohonan visa.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *